BERITA

Sepeda Motor Murah Kena Dampak Paling Parah

Tue, May 01, 2012

DP Minimum 20 dan 25 Persen

Agung Kurniawan | Zulkifli BJ | Selasa, 01 Mei 2012 | 07:53 WIB

mkm-honda.com Jakarta, KompasOtomotif - Rencana pemberlakuan uang muka atau DP 25 dan 20 persen oleh Bank Indonesia dan Menteri Keuangan pada Juni mendatang, diperkirakan akan mengancam penjualan sepeda motor "murah" (low end). Pasalnya, konsumen dari segmen tersebut adalah masyarakat yang punya penghasilan pas-pasan.  

Hal tersebut dikemukakan oleh Johannes Loman, Wakil Ketua Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) dalam pembicaraan khusus dengan KompasOtomotirf Senin kemarin (30/4/2012). Menurut Loman, umlah konsumen Indonesia yang membeli sepeda motor dengan kredit mencapai 70 persen. Komposisinya, hanya 20 persen yang membayar dengan uang pangkal 20 persen lebih. Jadi sebagian membayar DP di bawah 20 persen.  
Ditambahkan, konsumen yang punya dana pas-pasan, kemungkinan akan mengalihkan uangnya untuk keperluan lain atau menunda untuk membeli sepeda motor sampai DP terpenuhi.
Menurut Loman, selama ini konsumen membeli sepeda motor untuk menunjang kegiatan produktif seperti bekerja dan usaha. Karena itu, rencana pemerintah menentukan DP minimum (tujuannya mencegah "bubble economic"), dipastikan akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi nasional.
"Kalau dibilang pasar jenuh, tidak benar. Perbandingan jumlah penduduk dengan kepemilikan sepeda motor masih 6:1,  jauh dibandingkan Thailand  yang sudah mencapai 2:1," beber Loman, Executive Vice President Director PT Astra Honda motor.
Turun 30 persen
Thomas JA Wijaya, Deputy Sales Division Head Sales Division AHM memperkirakan, kebijakan DP minimum 20 atau 25 persen, akan menyebabkan penjualan sepeda motor  akan turun sampai 30 persen pada semester kedua 2012. Akibat selanjutnya, penjualan sepeda motor nasional akan sama dengan 2010, yaitu 7 jutaan unit.
Juga dijelasklan, penjualan pada kuartal kedua tahun ini naik tipis ke dua juta unit, di banding kuartal sebelumnya 1,9 juta unit. "Biasanya penjualan tumbuh pada semester kedua. Tetapi dengan naiknya DP, kondisinya akan berbeda," jelas Thomas.
Diperkirakan pula, regulasi DP 30 persen, selain mempengaruhi industri otomotif, juga akan merembet ke bisnis pembiayaan.  
 

BERITA LAIN
Magic Wave Surfing Championship di Pantai Kuta
Thu, June 26, 2008

Kuta- Pada tanggal 15 Juni 2008 di Pantai Maharani tepatnya depan  Mc Donald's Kuta ,  MKM Honda melalui media partner  Magic Wave Surfing Champinship  mengadakan  pertandingan surfing super seri I, dengan kategori umur dibawah 10 tahun dan umur dibawah 14 tahun. Pertandingan dimulai pukul 09.00, cuaca pantai Kuta sangat cerah  dengan ombak yang sangat mendukung kontes tersebut. Penonton dan para suporter dari peserta kontes sangat ramai memberi dukungan kepada para surfer cilik yang sedang menari di atas ombak. Beberapa staf MKM juga mendapat fasilitas belajar surfing gratis dari MSC, kegiatan tersebut memberikan pengalaman baru dan sangat menarik bagi kami yang awam mengenai surfing. MKM juga mengadakan pameran Honda dengan memamerkan type Tiger dan Vario, banyak pengunjung pantai yang mendatangi stand MKM. Acara diakhiri sore hari dengan penyerahan hadiah bagi Pemenang. Seri selanjutnya akan diadakan pada tanggal 20 Juli 2008 di Half way Pantai Kuta. Bravo MKM... Sampai jumpa di seri selanjutnya...  



BMW Turun di Kejuaraan Dunia Superbike
Mon, June 16, 2008

BMW Turun di Kejuaraan Dunia Superbike


KAMIS, 26 JUNI 2008 | 22:54 WIB

JAKARTA, JUMAT – Pabrikan motor BMW Jerman memastikan tahun depan mengikuti rangkaian kejuaraan dunia superbike (WSBK). Memang, belum banyak informasi yang keluar dari BMW sejak mereka sudah  memberi isyarat bakal berpartisipasi di superbike sejak awal tahun ini. Dan ini pernyataan pertama dari tim.




WSBK Imola Italia 2009Haga dan Fabrizio Berbagi Kemenangan
Sun, September 27, 2009
OTOMOTIFNET - Walaupun tim Ducati Xerox saat ini tetap mengandalkan Noriyuki Haga untuk meraih gelar juara dunia musim ini, namun keperkasaan Michel Fabrizio tidak dapat dianggap enteng. Karena kedua pembalap ini memang memberikan kontribusi besar kemenangan bagi tim. Buktinya di GP Imola, Haga dan Fabrizio berbagi kemenangan di podium pertama pada dua sesi balapan.

Haga yang meraih kemenangan telak pada sesi pertama dan mampu meraih podium kedua pada sesi berikutnya, ternyata cukup ampuh untuk mengembalikan posisinya sebagai pimpinan klasemen sementara saat ini. Dengan dua hasil yang cukup memuaskan kali ini, Haga langsung meraih kembali tahta kepemimpinannya dengan jumlah poin tertinggi 391.


Doni Finish Terakhir !
Sun, June 22, 2008

Kallio Menang, Doni Finis ke-19


MINGGU, 22 JUNI 2008 | 21:17 WIB

DONINGTON, MINGGU - Pembalap Finlandia, Mika Kallio memperbesar peluang meraih gelar juara kelas 250 cc dengan kemenangan di  Inggris, Minggu (22/6). Dalam lomba di Sirkuit Donington Park ini, Kallio mencatat waktu 42 menit 14.410 detik. Ia mengatasi pesaing terdekatnya dari Italia, Marco Simoncelli yang terpaut 0,353 detik.




Get the Beat be Idol
Thu, June 26, 2008
MKM-Jimbaran, sambutlah Honda BeAT, idola terbaru skuter 'matik' Honda.


AGENDA