BERITA

Bikin SIM Internasional, Harga Resmi Rp 250 Ribu

Mon, February 07, 2011


mkm-honda.com Jakarta - Membuat SIM Internasional lebih murah dan cepat, kenapa tidak? Paling tidak itu tercermin saat kita mendatangi ke bagian SIM Internasional (Bagian Regident) Lantai 3 kantor Korps Lalu Lintas POLRI di Jalan MT Haryono, Jakarta Selatan. 


Setelah menyerahkan syarat-syarat yang ditentukan, esok harinya sudah bisa datang lagi untuk mengambil SIM Internasional yang berdurasi selama 1 tahun ke depan. 


Tak hanya itu, biaya yang dikenakan juga relatif murah yakni Rp 250 ribu. Atau hampir murah seratus persen dibanding masih diurus ke kantor PP IMI (Ikatan Motor Indonesia) terakhir, yaitu Rp 475 ribu. 


"Untuk menetapkan biaya Rp 250 ribu, telah digodok tim dari POLRI, Kemenhumkam dan PU. Itu setelah melalui kajian mendalam, dan dana dari SIM Internasional itu akan masuk ke PNBP alias Penerimaan Negara Bukan Pajak," ujar Brigadir Jenderal Pol Drs. Didik Purnomo, Waka Korps Lalu Lintas POLRI. 


Menurut Didik, pengelolaan SIM Internasional di bawah POLRI itu menjalankan  UU Nomor 22 tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Raya. Tepatnya sesuai Pasal 85 ayat 5. 


"Kalau pengurusan SIM Internasional ke POLRI itu karena sekaligus untuk menyinkronisasi kepemilikan SIM nasional yang juga di bawah POLRI. Ini juga untuk data base sehingga mempermudah pencarian nama pengemudi baik ketika di Indonesia maupun saat lagi di luar negeri," kata Didik. 


Seperti diketahui, warga Negara Indonesia yang bepergian, sekolah atau bekerja di luar negeri dan dimungkinkan mengendara mobil, diwajibkan memiliki SIM Internasional. SIM itu berlaku hanya untuk satu tahun dan selanjutnya bisa diperpanjang. 


Hanya saja bedanya setelah diurus POLRI, yang bersangkutan harus datang sendiri tidak boleh diwakilkan atau melalui biro jasa. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari penyalahgunaan SIM Internasional kepada orang yang tidak berkompeten. Juga guna menghindari percaloan. 


"Toh, prosesnya mudah, cepat dan murah. Kami akan menerima Anda dengan penuh senyum dan pelayanan yang profesional," ujar Jenderal Polisi kelahiran Lamongan, Jawa Timur ini. 


Meski begitu, lanjut Didik, POLRI terus meningkatkan pelayanan dan kemasan SIM Internasional menjadi lebih baik lagi. Kalau saat ini masih dalam bentuk buku biasa, ke depan akan disesuaikan tak ubahnya seperti paspor yang rapi. 


"Ya, terasa lebih simple aja. Ini yang diperlukan masyarakat. Apalagi kepemilikan SIM Internasional ini sangat penting mengingat bidang kerja saya di Amerika nanti memaksa saya harus mengendara mobil setiap saat," ujar Hugi Prayoga, salah satu pengguna SIM Internasional. 


Syarat Bikin SIM Internasional 


Apa yang perlu disiapkan untuk mengurus SIM Internasional? Yakni membawa KTP/KITAP (Kartu Izin Tinggal Tetap) yang masih berlaku dan masa berlakunya 5 tahun asli dan fotocopy sebanyak 1 lembar. Juga SIM Nasional Indonesia yang masih berlaku asli dan fotocopy 1 lembar. 


Lalu, paspor yang masih berlaku asli dan fotocopi satu lembar. Membawa foto berwarna terbaru ukuran 4x6 dengan latar belakang warna biru sebanyak 3 lembar menggunakan blazer (wanita) dan menggunakan kemeja dan jas berdasi (laki-laki). 


Membayar administrasi SIM Internasional Rp 250 ribu sesuai PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) dilampiri meterai Rp 6.000. 


Bagi warga negara asing staf kedutaan yang mempunyai Kitab atau KTP melampirkan surat rekomendasi dari kedutaan. Serta mengisi formulir pendaftaran dengan tanda tangan dan sidik jari. 


"Yang perlu diperhatikan juga, pemohon wajib datang sendiri dan tidak bisa diwakilkan. Untuk SIM Internasional ini, proses hanya 2 hari langsung jadi," janji Didik Purnomo lagi. (mobil.otomotifnet.com) 

Penulis : Bud | Editor : Bagja | Foto : Budi Santen

BERITA LAIN
Magic Wave Surfing Championship di Pantai Kuta
Thu, June 26, 2008

Kuta- Pada tanggal 15 Juni 2008 di Pantai Maharani tepatnya depan  Mc Donald's Kuta ,  MKM Honda melalui media partner  Magic Wave Surfing Champinship  mengadakan  pertandingan surfing super seri I, dengan kategori umur dibawah 10 tahun dan umur dibawah 14 tahun. Pertandingan dimulai pukul 09.00, cuaca pantai Kuta sangat cerah  dengan ombak yang sangat mendukung kontes tersebut. Penonton dan para suporter dari peserta kontes sangat ramai memberi dukungan kepada para surfer cilik yang sedang menari di atas ombak. Beberapa staf MKM juga mendapat fasilitas belajar surfing gratis dari MSC, kegiatan tersebut memberikan pengalaman baru dan sangat menarik bagi kami yang awam mengenai surfing. MKM juga mengadakan pameran Honda dengan memamerkan type Tiger dan Vario, banyak pengunjung pantai yang mendatangi stand MKM. Acara diakhiri sore hari dengan penyerahan hadiah bagi Pemenang. Seri selanjutnya akan diadakan pada tanggal 20 Juli 2008 di Half way Pantai Kuta. Bravo MKM... Sampai jumpa di seri selanjutnya...  



BMW Turun di Kejuaraan Dunia Superbike
Mon, June 16, 2008

BMW Turun di Kejuaraan Dunia Superbike


KAMIS, 26 JUNI 2008 | 22:54 WIB

JAKARTA, JUMAT – Pabrikan motor BMW Jerman memastikan tahun depan mengikuti rangkaian kejuaraan dunia superbike (WSBK). Memang, belum banyak informasi yang keluar dari BMW sejak mereka sudah  memberi isyarat bakal berpartisipasi di superbike sejak awal tahun ini. Dan ini pernyataan pertama dari tim.




WSBK Imola Italia 2009Haga dan Fabrizio Berbagi Kemenangan
Sun, September 27, 2009
OTOMOTIFNET - Walaupun tim Ducati Xerox saat ini tetap mengandalkan Noriyuki Haga untuk meraih gelar juara dunia musim ini, namun keperkasaan Michel Fabrizio tidak dapat dianggap enteng. Karena kedua pembalap ini memang memberikan kontribusi besar kemenangan bagi tim. Buktinya di GP Imola, Haga dan Fabrizio berbagi kemenangan di podium pertama pada dua sesi balapan.

Haga yang meraih kemenangan telak pada sesi pertama dan mampu meraih podium kedua pada sesi berikutnya, ternyata cukup ampuh untuk mengembalikan posisinya sebagai pimpinan klasemen sementara saat ini. Dengan dua hasil yang cukup memuaskan kali ini, Haga langsung meraih kembali tahta kepemimpinannya dengan jumlah poin tertinggi 391.


Doni Finish Terakhir !
Sun, June 22, 2008

Kallio Menang, Doni Finis ke-19


MINGGU, 22 JUNI 2008 | 21:17 WIB

DONINGTON, MINGGU - Pembalap Finlandia, Mika Kallio memperbesar peluang meraih gelar juara kelas 250 cc dengan kemenangan di  Inggris, Minggu (22/6). Dalam lomba di Sirkuit Donington Park ini, Kallio mencatat waktu 42 menit 14.410 detik. Ia mengatasi pesaing terdekatnya dari Italia, Marco Simoncelli yang terpaut 0,353 detik.




Get the Beat be Idol
Thu, June 26, 2008
MKM-Jimbaran, sambutlah Honda BeAT, idola terbaru skuter 'matik' Honda.


AGENDA